Selasa, 21 Januari 2014

Cara Merawat Laptop / Netbook / Notebook

Nikisae Computer Solusi Tepat Hardware - software 024 -91 302 304

Salam Hangat sobat sekalian.

setelah bersemedi berbulan-bulan akhirnya dengan kegigihan untuk memerangi kemalasan dan kesibukan, saya bisa menulis lagi

kali ini saya akan mencoba mulai tulisan saya dengan penglaman pribadi penulis yang memiliki Netbook. Penulis memiliki Netbook HP mini intel atom N550 kurang lebih 3 tahun yang lalu.

hp saya bisa sejauh ini bertahan dengan berbagai perawatan yang menurut saya mudah dilakukan.

langsung saja ya sob, ni tak kasih ramuannya


perawatan terdiri dari 2 bagian yaitu perawatan hardware dan perawatan software

cara merawat hardware :
1. melindungi keyboard dari debu dan tumpahan benda cair. yang saya lakukan adalah membeli keyboard protektor yang sudah ada lekukan tutnya sehingga keyboard enak digunakan dan protektor tidak mudah lepas.
2. secara periodik (kurang lebih 3 bulan) membersihkan debu dan kotoran dari seluruh bagian yang terlihat (bagian luar). yang saya lakukan adalah membeli seperangkat pembersih debu dan kotoran (kira2 harganya 25 ribu) di toko komputer. bersihkan debu di keyboard dengan semprotan debu mini, kemudian bersihkan dengan kuas bawaan (kuas halus). setelah debu tidak menempel, bersihkan permukaan yang terlihat menggunakan cairan pembersih (termasuk screen laptop)
3. untuk baterai laptop. yang saya lakukan adalah charge baterai laptop pada saat ada pemberitahuan bahwa baterai lemah (pemberitahuan ini akan terlihat dengan tulisan baterai is low/tanda seru pada icon baterai. selain itu mungkin akan terlihat pada lampu led untuk baterai. lampu led berkedip/berwarna merah/orange tergantung laptop masing-masing). isi baterai sampai penuh 100 % dan segera cabut charger setelah baterai penuh.
4. untuk menghindari permukaan laptop saya tergores/pecah, yang saya lakukan adalah dengan melaminating laptop saya. maksudnya lapisi seluruh bagian yang terlihat dengan stiker transparan/berwarna (sesuai kesukaan). untuk screen saya beri screen protektor, untuk keyboard saya beri keyboard protektor. agar lebih murah, jangan pasang stiker dimall yang menyediakan pemasangan protektor, tapi pasang stikernya ditempat pemasangan stiker2 sepeda motor (murah banget, saya cuma mengeluarkan ongkos 30 rb untuk semua bagian netbook saya).
5. selalu tempatkan laptop yang tidak terpakai di softcase atau tas bawaaan dan jauhkan dari jangkauan anak2

ok. untuk perawatan hardware dah selesai

untuk perawatan software (3 bulan sekali) yang saya lakukan adalah :
1.membersihkan file sampah dan file jejak yang tidak terpakai dengan software CCleaner (bisa didownload di filehippo.com).
2. update antivirus (saya menggunakan smadav dan AVG).
3. melakukan defragment (pengaturan file2 sistem ke tempat semula seperti pada saat diinstal pertama kali) menggunakan fasilitas defragment bawaan windows atau menggunakan software defrag dari luar.  klo saya menggunakan My Defrag (bisa didownload di filehippo.com)
4. buat restore point untuk mengantisipasi jika terjadi masalah di windows yang kita pakai. untuk windows xp, membuat restore pointnya dengan cara : klik start, klik Accessories, klik system tools, klik restore, klik create, beri nama, klik ok/next untuk melanjutkan sampai selesai. untuk windows 7 dan windows 8, cara membuat restore point adalah klik kanan computer, klik properties, klik system protection, klik create, beri nama restore point nya, trus klik create, tunggu sampai pembuatan restore point selesai, klik close, klik OK

demikian cara yang saya lakukan untuk merawat netbook.

semoga bermanfat :) "SMK"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar