Sabtu, 05 Mei 2012

trik mengatasi windows xp yang tidak bisa di shutdown atau turn off

Nikisae Computer Solusi Tepat Hardware - software 024 -91 302 304


Kalau masalahnya seperti itu, coba install NT APM/Legacy Support Driver. Fungsi ini akan memungkinkan Windows XP melakukan shutdown dengan cara APM, bukan ACPI, dimana APM adalah sistem power management yang dulu diterapkan pada Windows 95 dan Windows 98. Dulu aku pernah ada pengalaman serupa waktu mau install Windows 2000 di PC teman saya yang masih Pentium MMX-266. Memangnya PC yang bro punya specnya apa? Apakah antara Pentium-MMX Pro, PII, atau PIII mungkin? Kalau PIII keatas seharusnya gak ketemu masalah kayak gini, mungkin BIOSnya perlu diupdate.

Langkah-langkahnya (Langkah ini juga berlaku untuk Windows 2000):
  1. Klik kanan My Computer dan pilih Properties, atau bisa juga pilih Manage untuk membuka Computer Management.
  2. Pilih Hardware tab (kalau di step sebelumnya pilih 'Manage', lewatkan step ini).
  3. Pilih Device Manager.
  4. Pilih menu "View" dan klik pada pilihan "Show Hidden Devices".
  5. Cari sub-tree yang bernama "Non Plug and Play Drivers", klik ganda pada item tersebut dan cari sub-treenya yang bernama "Microsoft ACPI Driver", kalau ada, klik kanan dan pilih "Disabled", kemudian restart Windows XP. Kalau tidak ada lanjut ke step 7.
  6. Setelah restart, buka kembali Device Manager, dan cek kembali apakah Microsoft ACPI Driver sudah benar2 dinonaktifkan (disabled).
  7. Close Device Managernya, kemudian buka Control Panel dan pilih Add Hardware. Setelah terbuka pilih Next, pilih "Yes, I already connected the Hardware", dan tekan Next.
  8. Scroll sampai paling bawah dan pilih "Add a new hardware device", Next.
  9. Pilih "Install the hardware that I manually select from a list (Advanced)", Next.
  10. Cari yang bernama "NT APM/Legacy Support", klik Next dan langsung pilih "NT APM/Legacy Interface Node" pilih Next dan Finish.
Restart PCnya kembali. Setelah boot buka kembali Device Manager dan pastikan bahwa NT APM/Legacy Interface Node atau NT APM/Legacy Support tertera disitu. Kemudian coba lakukan shutdown! http://forum.chip.co.id/images/smilies/wink.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar