Senin, 18 Juli 2011

mengatasi error "searching for boot record from scsi...not found"

Nikisae Computer Solusi Tepat Hardware - software 024 -91 302 304

pada tanggal 17 Juli 2011 saya mendapatkan servisan pc pentium 4 yang selalu gagal booting. karena pada awalnya saya yang pegang pc ini dan pernah saya buat imagenya maka saya install backup drive c imagenya akan tetapi setelah saya kerjakan 2 kali masih tetap tidak mau booting.

kemudian saya berfikir mungkin ini rusak di OS, akhirnya saya install ulang pake OS win xp sp 2. setelah proses copy file dan restart yang terjadi adalah muncul novell blablabla (aku ndak ingat) dan di paragraf terakhir muncul tulisan " searching for boot record from scsi... not found"


melihat tulisan itu saya berfikir bahwa MBRnya rusak maka saya repair menggrunakan recovery console (ketik R (repair) pada menu pilihan instalasi OS.

setelah saya melakukan fixboot dan fixmbr ternyata tidak menyelesaikan masalah. karena kepentok jurus maka saya putuskan untuk browsing internet. dalam bahasa indonesia ndak ada yang menulis artikel tentang ini. adanya yang berbahasa inggris. dengan amat terpaksa saya mencoba untuk memahaminya.

setelah browsing hampir 1 jam dan membaca beberapa artikel. dalam pikiran saya mletik bahwa dalam artikel saya diminta untuk mengatur urutan booting di bios dengan komposisi CDrom, hdd, scsi.

iseng saya coba mengaturnya tp hasilnya luar biasa. tidak percuma saya pusing semalaman memikirkan penyelesaiannya akhirnya terpecahkan juga.

kesimpulan : jika mengalami masalah booting dengan pesan error "searching for boot record from scsi...not found" maka solusinya adalah atur bios booting dengan urutan cdroom, ide 0 (hdd), scsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar