Selasa, 02 Oktober 2018

Solusi / Cara mengatasi CPU / mesin nyala tapi layar mati

Spesialis Servis Komputer,  Solusi Tepat Hardware - software 089 85 876 248

Hallo Gaes, Wis Suwe ora posting. piye kabare gaes. mugo2 sing moco tulisan iki do sehat, diberi kemudahan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Ok, Gaes, tanpa bertele-tele lagi, kita bahas mengenai masalah CPU yang menyala tapi tidak muncul gambar di layar monitor, atau mesin laptop menyala tapi tidak muncul gambar di screen monitor.

dari beberapa analisa yang pernah saya alami, hal ini disebabkan karena beberapa faktor ?
1. Daya / Power Suply Unit / PSU nya sudah lemah.
2. RAM Kotor atau mati
3. VGA kotor atau mati. jika di laptop hal ini biasanya disebut kerusakan no display, dimana beberapa Chipset VGA dan atau Power mati.
4. Masih adanya listrik statis yang tertinggal di motherboard setelah listrik putus (karena pemadaman/tegangan tidak kuat/tidak sengaja mencabut aliran listrik ke Komputer

cara mengatasinya gaes sebagai berikut :

1. coba ganti Power suply dengan power suplay PC lain yang normal untuk mengetes, apakah masih tetep mati atau bisa. jika tidak ada PSU cadangan, bisa menggunakan alat pengukur tegangan PSU (PUS meter)

2. bersihkan RAM, masukkan kembali ke CPU dan coba dinyalakan lagi seperti biasa. jika belum bisa dan RAM yang tertanam lebih dari 1 maka coba bongkar pasang RAM yang dipasang tunggal.

3. bersihkan VGA (jika VGA nya tidak onboard), lalu pasang kembali dan nyalakan. jika masih belum bisa, coba lepas VGA dan colokkan Kabel VGA di VGA onboard (jika ada). JIka terjadi di laptop maka yang bisa menangani adalah teknisi komputer (untuk kasus no display/mesin menyala tapi tidak muncul gambar di layar)

4. untuk mengatasi masalah yang keempat, saya bersihkan CPU dari debu kemudian, saya biasanya melepas semua koneksi PSU di Mainboad, kemudian membersihkan mainboard jika terlihat kotor, lepas RAM, Lepas baterai CMOS, diamkan Mainboard selama kurang lebih 5 menit. kemudian pasang Kabel PSU hanya ke Mainboard (tanpa memasang RAM dan Baterai), kemudian nyalakan CPU selama kurang lebih 10 detik, setelah itu matikan. setelah mati, cabut kembali kabel PSU dan tekan tombol power CPU untuk menghilangkan listrik statis yang mungkin masih berada di Mainboard. setelah itu pasang RAM, pasang Baterai CMOS, pasang kabel PSU ke Mainboard dan ke Hardware lain yang membutuhkan daya (Hdd, DVD, Kipas, VGA Card). kemudian nyalakan CPU seperti biasa dan masuklah ke BIOS Jika bisa menyala dan aturlah Tanggal, jam dan Posisi first Bootingnya.

demikian beberapa alternatif mengatasi masalah komputer yang tidak tampil gambar di layar tetapi posisi CPU / mesin laptop menyala. singkat, padat dan tidak bertele-tele.

bagi suhu-suhu Teknisi komputer, saya tunggu kritik dan sarannya untuk menambah keilmuan saya dan menambah pengetahuan bagi para penggemar sekalian.

semoga bisa membantu dan bermanfaat ya Gaes.

Sampai ketemu di artikel berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar